"Budaya Jawa" Daya Magnet Pariwisata Kota Jogjakarta - Alvaro Transport

DIY Yogyakarta sering disebut sebagai salah satu provinsi yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Baik itu wisatawan lokal, bahkan wisatawan dari negeri nun jauh disana. Semua tertarik berkunjung ke tempat wisata di Jogja.

Namun, tahukah kamu alasan mengapa mereka begitu sering berkunjung ke tempat tersebut? Kata pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, jadi kalau kamu belum pernah berkunjung kesana dan pengen tahu apa sih yang menarik tentang Jogja, kayaknya oke nih kalau kamu mengubek ubek info dulu tentang kota ini.

Dan untuk memudahkanmu mendapat info tentang serba-serbi Kota Budaya ini, berikut ulasan lengkap tentang gimana cara berkunjung ke Yogyakarta. Termasuk dengan akomodasi serta berbagai tempat wisata di Jogja yang super keren.

 

Letak Geografis

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terletak bersebelahan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudra Hindia. Di sebelah barat, ia berbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Di sebelah tenggara dan barat laut, ia bersebelahan dengan Kabupaten Wonogiri dan Magelang.

Provinsi ini memiliki 1 kota dan 4 kabupaten. Kotanya bernama Yogyakarta juga, yang sering membuat orang bingung dengan nama provinsinya. Lalu untuk kabupatennya ada Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten GunungKidul. Kesemua daerah tersebut berada di area seluas 3.186 km2. Cukup luas bukan?

Kenapa provinsi ini bergelar “Daerah Istimewa”? Karena sejarah Kota Yogyakarta sudah terbentuk jauh sebelum Negara Indonesia lahir. Keistimewaan daerah ini juga diakui oleh beberapa UU pemerintah. Salah satunya UU no 22 tahun 1948.

Daerah ini sudah memiliki struktur pemerintahan yang kuat dan teroganisir berbentuk kerajaan yang sudah bersifat turun temurun sejak dulu kala sampai sekarang. Karena itu kepala pemerintahan di Provinsi ini masih memakai gelar kebangsawanan, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono ke X.

 

Iklim dan Cuaca

Bila ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja yang ber-unsur outdoor, sebaiknya memperhatikan cuaca. Agar tidak menghabiskan waktu sia sia hanya berdiam diri saja dalam hotel di Jogja.

Yogyakarta memiliki 2 musim yaitu musim hujan pada bulan April – September dan musim kemarau pada bulan Oktober – Maret. Bagi mereka yang ingin mengunjungi tempat wisata alam di Jogja atau pantai, sebaiknya hindari pergi ke berwisata pada saat musim penghujan.

Pada musim penghujan, selain tidak nyaman untuk berjalan jalan, ombak di pantai pun menjadi sangat tinggi sehingga dapat membahayakan keselamatan pengunjung. Karena pengaruh angin muson, ombak di pantai pantai bisa mencapai 6 meter.

 

Budaya Menarik

Bila kita berbicara tentang Provinsi Yogyakarta, rasanya tak lengkap bila kita tak membahas tentang budaya setempat. Terlebih tempat ini juga sering dijuluki dengan “Kota Budaya.” Julukan tersebut tak hanya ditujukan untuk kota Yogyakarta saja, melainkan untuk keseluruhan provinsi ini.

1. Bahasa Jawa

Budaya masyarakat yang paling kental dan terlihat adalah penggunaan bahasa Jawa halus atau disebut Jawa krama.

Buat kamu para turis domestik, ada baiknya belajar sedikit bahasa Jawa baik Jawa dasar atau krama. Tak perlu mahir, cukup beberapa kata penting seperti matur nuwun (terima kasih), nuwun sewu (permisi), pira/pinten (berapa), dan lain lain.

Selain menambah pengetahuan, belajar Bahasa Jawa dapat membantu mendapatkan kesan baik dari warga lokal. Sehingga kamu bisa merasa di “rumah”.

2. Upacara Grebeg

Ada juga beberapa upacara upacara unik yang hanya ada di daerah tersebut. Salah satunya yaitu upacara Grebeg.

Sebelum dimulai upacara Grebeg, para pihak keraton dan para abdi dalem (petugas keraton) akan membuat “gunungan.” Itu adalah umpukan makanan atau hasil bumi yang disusun berbentuk gunung

Gunungan itu akan didoakan dulu oleh pihak Keraton dan para ulama di Masjid Gede Kauman. Setelah itu, gunungan akan diarak ke luar Keraton menuju ke jalanan.

Di sana, masyarakat akan menunggu untuk berebut hasil gunungan. Masyarakat setempat percaya bahwa bila mendapat hasil gunungan yang telah didoakan maka mereka juga akan mendapat berkah.

Ada 3 macam upacara Grebeg yaitu Grebeg Maulud, Grebeg Syawal, dan Grebeg Besar:

  • Grebeg Syawal dilaksanakan setelah bulan puasa atau bulan Ramadhan. Tepatnya tanggal 1 Syawal (penanggalan Jawa) atau tepatnya sehari setelah perayaan hari pertama Idul Fitri.
  • Grebeg Besar dilaksanakan pada bulan Zulhijjah untuk merayakan Idul Adha. Tanggal pelaksanaanya yaitu pada tanggal 10 bulan Jumadil Awal (penanggalan Jawa).
  • Upacara yang paling meriah adalah Grebeg Maulud untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W pada tanggal 12 Rabiul Awal. Orang Jawa menyebutnya dengan “bulan Maulud”. Upacara ini diselenggarakan pada hari ke 12 bulan Maulud kalender Jawa.

3. Upacara Jamas Pusaka

Selain upacara Grebeg, ada juga upacara Jamasan atau memandikan pusaka. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang sangat menjaga kebudayaannya, termasuk pusaka.

Oleh karena itu setiap Jumat Kliwon di bulan Sura (penanggalan Jawa), pihak Keraton akan mengeluarkan pusaka pusaka keramat dan kereta kereta istana untuk dibersihkan.

Pembersihannya tak cuma memakai air dan sabun. Namun memakai air dari sumber mata air tertentu dan diikuti ritual ritual khusus.

 

Transportasi Menuju Ke Yogyakarta

Tak sulit untuk berkunjung ke Kota Gudeg ini. Ada beragam jalur yang bisa kamu tempuh seperti misal kendaraan pribadi, bus, kereta api dan pesawat:

1. Kendaraan Pribadi

Paling asyik jika jalan jalan ke Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Selain cepat, kamu juga bisa memilih jalur yang kamu sukai. Jika dari Jakarta, kamu bisa memilih jalur Tol Cikopo dan Palimanan.

Bila dari Semarang, jalur yang tersedia adalah jalan Semarang-Yogyakarta dengan panjang 121,5 Km untuk sampai ke pusat kotanya.

2. Bus / Travel

Banyak wisatawan domestik dari wilayah sekitar Yogyakarta memilih untuk naik mobil atau bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) ke provinsi ini. Dari Solo, hanya memakan waktu 1 jam dengan bus. Dan bila dari Kota Semarang, kira kira bisa memakan waktu 3 jam.

Untuk bus AKAP akan berhenti di Terminal Jombor. Lokasi terminal ini terletak di bagian paling utara Yogyakarta atau tepatnya di Kabupaten Sleman.

Selain Terminal Jombor, ada juga Terminal Giwangan. Terminal yang berlokasi di jalan Imogiri Timur ini biasa melayani rute jarak jauh seperti dari dan ke Bali, Sumatra, Nusa Tenggara atau Riau.

3. Kereta Api

Provinsi ini juga bisa ditempuh melalui kereta Api. Kamu akan tiba di stasiun Tugu yang terletak di kecamatan Gondongtengen bila naik kereta api bisnis atau eksekutif.

Bila naik ekonomi atau gabungan (ekonomi bisnis), maka kamu akan tiba di Stasiun Lempuyangan yang terletak di Kecamatan Danurejan.

4. Pesawat

Kamu juga bisa menjangkau provinsi ini melalui jalur udara lewat Bandara Internasional Adi Sutjipto.

Selain domestik, Bandara tersebut juga melayani rute penerbangan Internasional. Namun sayangnya, sampai 2017 ini hanya bisa dari dan ke Malaysia dan Singapura saja. Bila datang dari negara lain, kamu bisa transit dahulu di Jakarta atau Denpasar.

Nah dari bandara, kamu bisa menuju hotel di jogja yang sudah kamu booking atau ke tempat wisata di Jogja via bus Trans Jogja 1A,1B,3A dan 3B. Dengan jurusan yang berbeda beda tentunya.

Terdapat juga bus DAMRI yang melayani rute ke Kebumen, Purworejo, Magelang. Kalau mau jalan jalan ke Solo atau Klaten, bisa naik kereta Prambanan Express dari sini. Ada juga fasilitas taksi bandara. Namun, jangan kaget bila kamu dikenakan tarif yang sangat mahal sekali.

 

Anda bisa menggunakan jasa rental mobil kami

Harga Sewa Mobil Alvaro Transport

Tarif / Harga sewa dalam Kota

Jenis Mobil

12 Jam

(Mobil, Sopir & BBM)

Fullday

(Mobil, Sopir & BBM)

12 Jam

Mobil + Sopir

Fullday

Mobil + Sopir

All New Avanza / Xenia

450.000

550.000

350.000

450.000

Grand Avanza / Xenia

500.000

600.000

400.000

500.000

Grand Innova

600.000

700.000

500.000

600.000

Reborn

700.000

800.000

600.000

700.000

Elf Short

-

750.000

-

-

Elf Long

-

1.000.000

-

-

Hiace

-

1.100.000

-

-

Alphard

-

2.500.000

 

2.300.000

Medium Bus

-

1.500.000

-

-

Keterangan Harga Sewa Mobil Jogja

  • Harga sewa mobil di Jogja diatas, untuk durasi penyewaan 12 jam  dan Fullday dalam sehari.
  • Apabila anda kelebihan waktu penggunaan melebihi 12 jam dalam 1 hari, maka akan dikenakan biaya overtime sebesar 10 % dari harga sewa / hari mobil Jogja.
  • Penggunaan jasa car rental Jogja yang kami sediakan hanya untuk rute dalam kota, tidak berlaku rute Gunung Kidul dan Kulonprogo.
  • Kawasan penjemputan pelanggan di Kota Jogja.
  • Penjemputan pelanggan diluar kota akan ada tambahan biaya penjemputan.
  • Akan dikenakan biaya menginap, apabila supir kami harus menginap sebesar Rp 150,000  / malam.

 

Biaya Penjemputan Sewa Mobil Di Jogja Luar Kota

Kami sering memperoleh pertanyaan dari pelanggan kami, kenapa ada biaya tambahan untuk penjemputan luar kota? Bukannya biaya penjemputan sudah termasuk dalam harga sewa mobil di Jogja.

Penjemputan yang termasuk dalam harga sewa mobil di Jogja, hanya untuk area penjemputan meliputi Kota, Sleman, dan Bantul. Area atau lokasi penjemputan yang tertera, adalah lokasi populer wisatawan Indonesia dalam memilih hotel tempat menginap di Jogja.

Tambahan biaya penjemputan akan ada bila area hotel pelanggan menginap berada di luar area Kota, Sleman dan Bantul. Sebagai contoh area luar kota seperti tempat wisata Gunung Kidul, Kulonprogo dan Magelang.

Untuk mengirimkan penjemputan untuk pelanggan yang menginap di luar kota, maka kami harus memberikan tambahan gaji lembur kepada sopir. Gaji lembur kepada sopir karena waktu perjalanan yang di gunakan sopir pada saat penjemputan luar kota. Selain itu, penjemputan di area luar kota akan menambah penggunaan bahan bakar tentunya akan berakibat tambahan biaya. Kami Alvaro Transport berkomitmen, agar setiap pelanggan kami memperoleh kejelasan informasi tentang biaya rent car Jogja. Agar setiap pelanggan memperoleh kepastian biaya transportasi di awal pemesanan.

Biaya Tambahan Penjemputan di Luar Kota

Wilayah Penjemputan

Tambahan Biaya

Gunung Kidul

100.000 – 200.000

Kulonprogo

100.000 – 200.000

Magelang

100.000 – 200.000

NB

Biaya tambahan penjemputan di Luar Kota tersebut akan menyesuaikan jenis mobil yang akan di sewa

 

Biaya Rute Sewa Mobil ke Gunung Kidul / Kulonprogo

Pelanggan maupun customer yang sedang berlibur di Jogja menggunakan jasa sewa mobil kami, biasanya pasti akan mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Gunung Kidul dan tempat wisata di Kabupaten Kulonprogo.

Harga tarif sewa mobil pasti akan menyesuaikan rute tujuan, karena jarak yang jauh menjadi faktor utama kami, otomatis kami akan mengeluarkan biaya tambahan untuk operasional seperti biaya BBm dan biaya gaji driver. Biaya Tambahan Sewa Mobil Rute Gunung Kidul & Kulonprogo:

Jenis Mobil

Gunung Kidul

Kulon Progo

All New Avanza / Xenia

100.000

100.000

Grand Avanza / Xenia

100.000

100.000

Grand Innova

100.000

100.000

Reborn

100.000

100.000

Elf Short

100.000

100.000

Elf Long

100.000

100.000

Hiace

100.000

100.000

Alphard

200.000

200.000

Medium Bus

200.000

200.000

 

Jika Anda berminat dengan menggunakan jasa sewa mobil Alvaro Transport untuk berbagai keperluan anda dapat menghubungi kami, layanan online 24 Jam dan layanan telephone pada saat jam kerja kantor. Konsultasi harga, paket wisata, rute wisata dan Hotel gratis.

Hotline:

CS 0821-9602-7972 ( WA / Phone)

www.alvarotrans.com

info.alvarotransport@gmail.com

 

Transportasi dalam Kota untuk Wisata di Yogyakarta

Buat para pelancong yang tidak membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir soal transportasi di Yogyakarta. Ada berbagai macam pilihan transportasi umum yang bisa disesuaikan dengan kondisi kantong kamu seperti becak, bus kota, bus Trans, delman, motor, sepeda dan taksi.

1. Becak

Bila ingin menikmati indahnya pemandangan Yogyakarta, becak bisa jadi moda transportasi yang bagus.

Becak banyak ditemui di sekitar Malioboro. Kendaraan beroda tiga ini mampu mengangkut dua orang dewasa dan para tukang becak mau kalo disuruh menunggu kamu belanja jika sudah ada perjanjian sebelumnya.

Agar tidak tertipu dengan tarif yang mahal, sebaiknya kamu menanyakan dahulu berapa tarifnya sebelum menaikinya. Untuk jalan jalan di Malioboro, kamu bisa menawar mulai dari harga Rp5.000

Tarif akan menjadi lebih mahal apabila tujuanmu lebih jauh, lokasi berada di tempat wisata atau musim liburan telah tiba.

2. Bus Kota

Untuk rute rute yang tidak dilalui bus Trans, kamu bisa mengandalkan bus kota biasa. Ada 2 jenis bus kota: yang berukuran besar dan kecil. Yang termasuk bus besar adalah Puskopkar, Aspada dan Kopata.

Tiap jurusan memiliki kode yang berbeda beda. Bus ini memiliki waktu operasi terbatas, yaitu maksimal jam 4 sore. Sedangkan bus ukuran kecil memiliki waktu operasi lebih lama yaitu pukul 6 pagi – 5 sore.

Tarif bus dimulai dari Rp4.000/orang. Dan bervariasi tergantung jarak yang ditempuh.

3. Bus Trans Jogja

Kalau pengen irit, bisa naik Trans Jogja aja. Ada 8 jalur bus yang siap membawa kamu berkeliling kota Yogyakarta dan Kabupaten Kabupaten sekitarnya.

Sayangnya, untuk Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul belum ada trayek bus Trans Jogja ini. Sehingga sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi saja bila ingin kesana.

Harga tiket bus ini sekitar Rp3.500/orang. Data tersebut dihimpun sampai tahun 2017. Ada 2 cara pembayaran tiket bus Trans ini yaitu; manual dan kartu.

Untuk manual, caranya dengan membeli tiket di loket loket bus Trans. Nah, untuk pembayaran via kartu kamu juga bisa membeli kartunya di loket bus Trans dan kamu bisa meng-top up-nya di tempat tersebut bila isinya hampir habis.

Dengan bus ini, kamu bisa menghemat biaya karena kamu dapat berpindah jalur bus (transit) tanpa dikenakan biaya tambahan asalkan kamu tidak keluar dari halte bus Trans.

Namun itu hanya berlaku untuk sistem sekali jalan saja. Cukup hemat, bukan?

4. Delman

Selain becak, ada juga moda transportasi delman. Hanya saja, delman lebih banyak ditemui di daerah pantai, tempat wisata di Jogja dan pedesaan.

Ada perhatian khusus untuk delman yang berada di objek piknik nih. Rata rata mereka memasang tarif yang amat mahal. Apalagi waktu musim liburan, tarif sekali naik bisa sampai Rp150.000.

Jadi kalau mau naik delman, sebaiknya nego dulu dengan kusirnya ya. Bisa ditawar mulai dari Rp50.000 Kalau sekiranya kemahalan, lebih baik cari kusir yang lain di tempat yan berbeda.

5. Motor Sewa

Bila kamu berencana untuk liburan lama di tempat ini, kamu bisa menyewa motor untuk pergi ke mana mana. Tempat penyewaan motor mudah ditemui di daerah Bantul dan Sleman.

Umumnya, tempat penyewaan motor tersebut banyak yang buka sampai jam 9 malam. Tarifnya mulai berkisar dari Rp50.000/jam dan biayanya bisa lebih murah bila disewa harian.

6. Sepeda

Kalau pengen rekreasi sambil jaga kesehatan, menyewa sepeda bisa jadi pilihan bagus. Di Jogja ada beberapa tempat penyewaan sepeda yang bisa kamu pilih dan biasa terletak dekat dengan tempat wisata.

Harga sewa sepeda bervariasi. Ada yang disewakan per jam, per hari atau per minggu. Tanyakan juga apakah pihak penyewaan sepeda ada paket sepeda wisata atau tidak.

Kan lumayan sembari sewa sepeda, kamu juga bisa mendapat pengalaman wisata dan rental pack berupa kotak P3K, air mineral dan sebagainya.

Untuk harga sewa biasanya dimulai dari Rp10.000/jam. Namun akan lebih murah bila disewa secara harian.

7. Taksi

Kalau mau yang cepat dan nyaman, kamu bisa pesan taksi. Tapi harus tahu rute-nya, kalau tidak nanti di-charge tarif yang mahal. Apalagi kalau supirnya “nakal” dengan memainkan argo kuda.

Lebih baik lagi bila kamu sudah “belajar” lokasi tujuan mu via peta elektronik. Untuk menghindari supir nakal yang memperpanjang jarak agar argo membengkak.