Tempat Wisata Hingga Kuliner di Kota Bogor dan Sekitarnya - Alvaro Transport

Tempat Wisata Hingga Kuliner di Kota Bogor dan Sekitarnya - Alvaro Transport

Mau mengunjungi tempat-tempat wisata di Bogor dan sekitarnya? Baca dulu panduan ini biar kamu tahu info lengkap tentang destinasi wajib, kuliner, akomodasi, transportasi, dll tentang Kota Hujan tersebut. Kota terbesar ke-14 di Indonesia ini memang punya berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Belum lagi destinasi-destinasi di kawasan kabupatennya termasuk Puncak, Sentul, Parung, dll.

Kota yang dulunya dikenal sebagai Buitenzorg ini juga terkenal akan kuliner-kulinernya yang khas dan sedap di lidah. Udara di daerah-daerah tertentu pun masih sejuk dan cocok untuk melepas kepenatan. Semakin semangat kan pengen ke tempat wisata di Bogor dan sekitarnya? Eh, tapi sebelumnya, simak dulu informasi di bawah ini biar kamu tahu apa aja yang perlu disiapkan sebelum berangkat.

Letak Geografis

Kota Bogor terletak sekitar 59 km di selatan Ibukota Negara Indonesia, Jakarta. Jarak ini bisa ditempuh sekitar 1,5 sampai 2,5 jam perjalanan dengan Kereta Rel Listrik (KRL), bus, atau kendaraan pribadi. Nggak terlalu lama, ya? Tak heran kalau banyak warga ibukota yang melarikan diri ke tempat wisata di Bogor dan sekitarnya tiap akhir pekan dan saat liburan.

Sementara itu, Kabupaten Bogor terletak mengelilingi Kota Bogor. Luas areanya sangat besar, yakni mencapai 2 ribu km2 lebih. Kecamatannya saja ada 40 dengan ketinggian bervariasi, dari dataran rendah, menengah, sampai tinggi. Tak heran kalau kabupaten ini punya destinasi wisata yang sangat beragam.

 

Iklim dan Cuaca

Letaknya yang ada di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede membuat Kota Bogor sangat kaya akan hujan orografi atau pegunungan. Persentase turun hujan di kota ini bahkan mencapai 70% dalam setahun.

Di musim kemarau pun, hujan kadang masih turun. Tak heran julukan Kota Hujan sangat lekat dengannya. Biasanya, puncak musim hujan terjadi pada bulan Desember dan Januari.

Udaranya sendiri cukup sejuk dengan rata-rata temperatur per bulannya sebesar 26 °C. Namun, kelembabannya mencapai 70% sehingga membuat kita mudah gerah dan berkeringat, terutama menjelang hujan turun.

Sementara itu di Kabupaten Bogor, suhu udaranya lebih bervariasi karena ketinggian tempatnya berbeda-beda. Untuk daerah Puncak atau dataran tinggi lainnya, udara akan terasa lebih sejuk.

 

Budaya Menarik

Mengunjungi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya tak lengkap rasanya kalau tak sekaligus mengenal budayanya. Kabupaten dan Kota Bogor sendiri memiliki beberapa kebudayaan unik yang jarang dijumpai di tempat lain.

1. Ngumbah Tugu Kujang

Salah satu budaya unik ini adalah tradisi Ngumbah (mencuci) Tugu Kujang yang dilakukan tiap memperingati Hari Ulang Tahun Kota Bogor yang jatuh pada 3 Juni. Tradisi ini sudah dijalankan sejak tahun 1990. Biasanya, sekitar 30 orang peserta dari berbagai kalangan akan menginap dan mendirikan tenda di sekitar area Tugu Kujang.

Kenapa menginap? Karena dibutuhkan waktu sekitar 5 hari untuk mencuci, menghilangkan lumut, sampai mengecat ulang tugu setinggi 26 meter tersebut.

2. Istana untuk Rakyat (Istura)

Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Bogor juga dimeriahkan dengan event Istura. Seperti namanya, di event ini Istana Kepresidenan Bogor akan dibuka untuk umum. Tak hanya bisa mengagumi megahnya Istana, kamu bisa mengunjungi Museum Kepresidenan RI di Balai Kirti untuk tahu lebih dalam tentang para presiden kita.

Meski hari ulang tahunnya sendiri jatuh di 3 Juni, jadwal pelaksanaan Ngumbah Tugu Kujang dan Istura bisa berbeda tiap tahunnya. Namun biasanya, tak jauh-jauh di kisaran bulan Mei – Juli.

3. Budaya Menarik Lain

Di samping itu, masih ada sederet budaya menarik lainnya yang bisa dinikmati baik di Kabupaten maupun Kota Bogor. Seperti tradisi Ngubek Situ Gede, Seren Taun, Helaran, dll.

 

Transportasi Menuju ke Kota Bogor

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk menuju ke Kabupaten dan Kota Bogor. Baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum seperti yang akan kita bahas berikut ini.

1. Kendaraan Pribadi

Cara termudah untuk pergi ke kota yang pernah menjadi pusat Kerajaan Pajajaran ini adalah menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi kalau lokasi awalmu memang tak terlalu jauh dari sana.

Kalau lewat tol Jagorawi, Jakarta – Bogor dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 – 1,5 jam. Tapi di akhir pekan dan hari libur, macet parah bisa terjadi sehingga perjalanan bisa memakan waktu hingga 3 jam.

Sementara itu, Bandung – Bogor bisa ditempuh melalui 3 rute, yakni Puncak, Cikampek, dan Jonggol. Jarak yang ditempuh via Puncak memang lebih pendek, namun jalannya cukup berkelak-kelok.

Jalur Cikampek sering dipilih karena di sepanjang jalan banyak petunjuk yang akan memudahkan perjalanan. Jonggol sendiri bisa jadi pilihan karena cukup sepi sehingga lebih aman bagi pengendara motor.

Kalau bawa mobil, kamu bisa lewat tol Cipularang – Cikunir – Jagorawi. Perjalanan yang biasanya memakan waktu hingga 4 jam lebih bisa dipangkas menjadi sekitar 3 jam saja dengan tol ini.

2. Bus Akap

Kalau tak ada mobil atau motor, kamu bisa pergi ke sana naik bus. Sudah banyak trayek langsung untuk menuju ke sini. Mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, sampai bus lintas Sumatera.

Harga tiketnya beragam tergantung bus yang dinaiki dan jarak yang ditempuh. Untuk Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Trans Jakarta (APTB) dari Jakarta ke Bogor tahun 2017, tarifnya Rp16.000.

Kalau dari Bandung, kamu bisa naik bus MGI atau Bela Utama yang melewati tol Cipularang. Keduanya diberangkatkan dari Terminal Leuwi Panjang Bandung menuju Terminal Baranangsiang Bogor dengan tarif Rp70.000.

Baranangsiang sendiri merupakan terminal bus utama Bogor yang terletak di tengah kota. Namun, tak semua bus berhenti di sini. Ada juga yang memberhentikan penumpangnya di Terminal Bubulak, Ciawi, atau Tajur.

3. KRL dan Kereta Api

Ada lagi cara mudah menuju ke Kota Hujan bagi yang nggak punya kendaraan pribadi, yakni naik KRL Commuter Line. KRL melayani rute perjalanan dari daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

Kalau kamu naik kereta dari luar Jadetabek, turun dulu di Jakarta di Stasiun Senen, Gambir, atau Jatinegara. Baru beli tiket lagi untuk naik KRL menuju Stasiun Bogor dengan harga sekitar Rp6.000.

Selain KRL, ada Kereta Api Pangrango bagi kamu yang datang dari Sukabumi. Kereta ini melayani 3 kali perjalanan putar-balik Sukabumi – Bogor dalam sehari.

Waktu tempuh rata-rata untuk satu kali perjalanannya adalah 2 jam 4 menit. Harga tiketnya mulai dari Rp50.000 untuk kelas eksekutif dan Rp20.000 untuk kelas ekonomi.

4. Pesawat

Mau naik pesawat? Bandara terdekat dari sini adalah Soekarno-Hatta Tangerang. Untuk menuju ke Kota Bogor, ada bus DAMRI yang beroperasi setiap 20 menit. Jadwal pemberangkatan terakhirnya pukul 12 malam.

Pemberhentiannya tak jauh dari Terminal Baranangsiang, yakni di shelter sebelah Mal Botani Square. Tarif tiketnya Rp55.000 untuk AC biasa dan Rp75.000 untuk Royal Class.

 

Transportasi dalam Kota untuk Wisata di Bogor

Untuk mengunjungi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Yakni dengan angkot, becak, BRT, bus wisata, delman, mobil dan motor sewaan, ojek, atau taksi.

1. Angkot

Selain Kota Hujan, Kota Bogor juga dikenal sebagai Kota Sejuta Angkot. Tak heran karena angkot memang bertebaran dimana-mana di kota ini. Meski sering menyebabkan kemacetan, tak bisa dipungkiri bahwa angkot merupakan transportasi termudah yang bisa kamu naiki. Tak hanya bisa dinaiki di terminal, kamu bisa naik sewaktu-waktu dari pinggir jalan.

Angkot berwarna dominan hijau terang digunakan untuk trayek dalam kota. Warna garis di bagian bawahnya berbeda-beda tergantung rute yang dituju. Ada juga nomor angkot yang menjadi penanda tujuan. Tarifnya standarnya Rp3.500 sampai Rp5.000 sekali jalan.

Untuk menuju daerah kabupaten seperti kawasan wisata Bogor Puncak, angkot yang dipakai berwarna dominan biru tua. Biasanya disertai keterangan tempat untuk memudahkan penumpangnya memilih rute angkot yang diinginkan.

2. Becak

Bagi yang ingin berkeliling kota dengan santai dan menikmati semilirnya angin, delman dan becak bisa jadi pilihan. Akan tetapi, becak mungkin agak sulit ditemukan. Selain karena dilarang melintasi jalan protokol, pemerintah setempat juga sedang melakukan pengurangan becak per tahunnya.

Becak hanya boleh beroperasi di sekitar kawasan wisata dan di pemukiman. Kalau kamu memang ingin menaikinya, coba deh ke sekitar Pasar Anyar, Jembatan Merah, dan Surya Kencana yang tak terlalu jauh dari Istana.

3. BRT Trans Pakuan

Kota Bogor juga memiliki Bus Rapid Transit (BRT) Trans Pakuan untuk transportasi dalam kota hingga ke daerah-daerah kabupaten. BRT ini hampir mirip dengan Trans Jakarta, namun tidak memiliki jalur khusus. Pusat pemberangkatan Trans Pakuan ada di Cidangdiang yang tak jauh dari Baranangsiang. Hingga pertengahan 2017, ada 4 rute utama yang dilayaninya. Yakni menuju Bubulak, Ciawi, Mal Bellanova, dan Sentul City.

Tarifnya berbeda-beda per rute. Yaitu Rp5.000 untuk rute Cidangdiang – Bubulak dan Ciawi, Rp6.000 Cidangdiang – Mal Bellanova, dan Rp9.000 Cidangdiang – Sentul City.

Rute Cidangdiang – Ciawi cocok untuk kamu yang ingin menuju ke tempat wisata di Bogor Puncak. Sedangkan rute Mal Bellanova dan Sentul City bisa dipakai untuk yang ingin berwisata ke JungleLand atau destinasi Sentul lainnya.

4. Bus Wisata Gratis

Selain transportasi umum dan pribadi, ada juga bus pariwisata yang sengaja disediakan Pemerintah Bogor. Bus bernama Uncal ini mulai beroperasi 1 Januari 2017 lalu.

Uncal sendiri merupakan singkatan dari Unforgettable City Tour at Loveable City. Sementara itu dalam bahasa Sunda, uncal berarti rusa sudah menjadi ciri khas Istana Bogor.

Bus ini akan mengantarmu berkeliling dengan rute melalui jalur sekitar Kebun Raya Bogor dengan titik keberangkatannya dari Balaikota.

Nggak cuma sekedar diajak berkeliling, akan ada juga pemandu yang siap menjelaskan sejarah gedung-gedung penting yang kita lewati. Asiknya lagi, Uncal bisa dinaiki secara cuma-cuma alias gratis.

5. Delman

Delman dapat ditemui di sekitar kawasan Istana dan Kantor Walikota. Tarifnya beragam mulai dari Rp30.000 – Rp50.000 sekali jalan.

6. Mobil Sewa

Kalau ingin berkeliling dengan lebih nyaman, ada penyewaan mobil dengan ongkos Rp300.000 – Rp600.000 per hari termasuk bensin, tol, parkir, dan sopir.

7. Motor Sewa

Kamu juga bisa menyewa motor dengan tarif Rp40.000 – Rp70.000 per hari. Biasanya, kamu perlu menjaminkan kartu identitas asli.

Ojek Kalau nggak bisa naik motor sendiri, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya dengan menggunakan ojek. Ada ojek konvensional dan online dengan tarif beragam tergantung tujuan.

8. Taksi

Hanya ada sekitar 1.600-an taksi online yang diizinkan beroperasi di sini. Kuotanya memang sengaja dibatasi agar jalanan tidak bertambah padat. Untuk taksi konvensional, jumlahnya malah semakin sedikit. Mayoritas taksi konvensional di kota ini berasal dari Jakarta dan memiliki plat B.

Tarif taksi sendiri beragam tergantung jarak yang ditempuh. Namun umumnya memakai batas bawah Rp3.500/km dan Rp6.000/km untuk batas atas.

 

Tempat Wisata Bogor Populer

Tempat wisata di Bogor dan sekitarnya sangat banyak dan beragam jenisnya. Ada wisata alam, museum, modern, religi, anak, sampai kuliner. Satu hari saja tentunya tak akan cukup untuk mengelilingi semua tempat ini.

Kalau baru pertama kali merencanakan wisata Bogor dan bingung mau kemana, beberapa destinasi populer di bawah ini bisa jadi pilihanmu.

1. Kebun Raya Bogor (KRB)

Alamat
Jl. Ir. Haji Djuanda No.13
Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor
Jawa Barat 16122
https://goo.gl/maps/zv4qUJNMxco

Situs resmi
krbogor.lipi.go.id

Hari & Jam operasional
Setiap hari: 07.30 – 16.00 WIB

Harga tiket masuk
Domestik: Rp15.000/orang
Asing: Rp25.000/orang

Didirikan tahun 1817, KRB merupakan kebun raya tertua ketiga di dunia. Ada banyak hal istemewa yang ada di tempat seluas 87 hektar ini. Di antaranya ada anggrek raksasa Grammatophylum speciosum yang memegang rekor Guinness Book of Record. Yakni sebagai anggrek tertinggi di dunia yang mencapai 7,5 m.

Selain itu, masih ada 12 ribu lebih koleksi tanaman lainnya. Termasuk bunga bangkai, pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara, pohon leci yang sudah ada sejak 1822, dll.Ada juga jembatan merah KRB yang indah tapi juga penuh mitos. Kabarnya sih, pasangan yang lewat jembatan ini bakal putus cinta.

Meski kedengarannya seram, destinasi ini tetap cocok kok dijadikan pelepas penat bagi warga perkotaan. Yakin deh, matamu bakal adem melihat hehijauan dimana-mana. Cocok juga kalau kamu datang bersama keluarga atau anak kecil. Karena luas, anak-anak jadi bebas kalau ingin berlarian. Tapi, tentunya tetap dalam pengawasan ya biar nggak nyasar.

2. Istana Kepresidenan Bogor

Alamat
Jl. Ir. H. Juanda No. 1
Kelurahan Paledang, Bogor Tengah
Jawa Barat 16122
https://goo.gl/maps/nNxnNTazrVu

Situs resmi
http://presidenri.go.id/istana-2.html#bogor

Hari & Jam operasional
Senin – Kamis: 09.00 – 14.00 WIB
Jumat: 09.00 – 11.00 WIB dan 14.00 – 16.00 WIB
*) Perlu izin masuk atau mengikuti event Istura

Harga tiket masuk
Gratis

Tak jauh dari KRB, ada Istana Kepresidenan RI yang juga wajib kamu kunjungi. Istana ini terbilang unik dan berbeda dari 5 Istana Kepresidenan lainnya.

Bukan hanya dari segi historis dan kebudayaannya. Tapi juga karena keberadaan rusa-rusa di halamannya. Rusa ini pertama kali didatangkan 1808 silam dari Nepal. Mulanya, rusa yang dipelihara hanya 6, namun beranak pinak hingga mencapai 800-an pada awal 2017.Rusa totol ini sendiri tampaknya sudah betah menjadi tontonan dan sering mendekat ke pagar. Warga sekitar dan turis pun sering memberi makan rusa ini dari luar.

Untuk masuk ke dalam, kamu memang perlu meminta izin ke Kepala Rumah Tangga Kepresidenan terlebih dahulu. Atau, kamu bisa menunggu event Istura digelar.

3. Taman Safari Indonesia

Alamat
Jl. Raya Puncak No. 601
Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor
Jawa Barat 16750
https://goo.gl/maps/YGhxiB8eWpt

Situs resmi
http://bogor.tamansafari.com/

Hari & Jam operasional
Senin – Jumat: 08.30 – 17.00 WIB
Sabtu, Minggu & hari libur: 08.00 – 17.00 WIB
Safari malam: 19.00 WIB

Harga tiket masuk
Domestik – Anak: Rp160.000/orang
Domestik – Dewasa: Rp180.000/orang
Asing – Anak: Rp250.000/orang
Asing – Dewasa: Rp300.000/orang

Taman Safari Indonesia merupakan salah satu tempat wisata di Bogor Puncak yang paling terkenal. Seperti namanya, di sini kamu bisa melihat satwa-satwa liar dari dekat. Koleksi satwanya sendiri sangat banyak, mencapai 2.500-an dan didatangkan dari berbagai penjuru dunia. Di antaranya ada satwa langka seperti harimau benggala, gajah, panda, anoa, dll.

TSI juga menyediakan berbagai jenis pertunjukan yang melibatkan hewan-hewan di sana. Pokoknya, asik dijadikan tempat piknik bersama keluarga dan anak-anak.

4. Taman Bunga Nusantara

Alamat
Jl. Mariwati KM.7
Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur
Jawa Barat 43254
https://goo.gl/maps/TFPjfop9niz

Situs resmi
http://www.tamanbunga-nusantara.com

Hari & Jam operasional
Senin – Jumat: 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu, Minggu, & hari libur: 08.00 – 17.30 WIB

Harga tiket masuk
4 tahun ke atas: Rp40.000/orang

Sejak zaman penjajahan Belanda, Kabupaten dan Kota Bogor sudah dikenal sebagai pusat penelitian dan pendidikan pertanian nasional. Tak heran kalau pariwisata berbasis agro sangat mudah dijumpai di sini.

Selain KRB, kamu bisa pergi ke Taman Bunga Nusantara yang ada di kawasan Puncak. Seperti namanya, vegetasi yang diunggulkan di sini adalah bunga yang ditata dalam berbagai macam konsep taman.

Ada taman air, mawar, Perancis, Bali, Mediterania, Palem, Jepang, sampai labirin. Ada juga rumah kaca berisi bunga-bunga cantik yang tak tahan kondisi cuaca ekstrem. Destinasi ini juga cocok sebagai tempat hunting yang keren di Bogor. Bukan hunting rusa atau burung ya, tapi berburu spot foto keren atau lokasi prewedding menjelang pernikahan.

5. JungleLand Adventure Theme Park

Alamat
Kawasan Sentul Nirwana
Jl. Jungleland Boulevard No. 1
Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor
Jawa Barat 16810
https://goo.gl/maps/yghvBc7J7CB2

Situs resmi
jungleland.co.id

Hari & Jam operasional
Senin – Jumat: 10.00 – 17.00 WIB
Sabtu, Minggu, & hari libur: 09.00 – 18.00 WIB

Harga tiket masuk
Senin – Jumat: Rp165.000/orang
Sabtu – Minggu: Rp220.000/orang
Musim liburan: Rp250.000/orang

Dibangun di atas lahan seluas 35 ha, JungleLand Adventure Theme Park merupakan taman bermain yang terletak di kawasan Sentul City. Destinasi ini sangat cocok untukmu yang ingin seru-seruan dan memacu adrenalin. Di dalamnya terdapat 4 zona dengan 37 macam wahana seru yang dapat kamu mainkan. Di antaranya termasuk wahana yang baru pertama kali ada di Indonesia seperti Air Race, Disk’O, Hydrolift, dll.

Serunya lagi, ada kebun binatang unik bernama Dunia Dino yang menampung dinosaurus di sini. Bukan dinosaurus beneran sih, tapi robot yang dapat bergerak dan sangat interaktif. Ada pula Robot Zoo yang berisi aneka robot berbentuk binatang yang dapat bergerak-gerak juga. Pokoknya nggak bakal nyesel deh kalau datang ke sini!

 

Wisata Kuliner Bogor

Capek jalan-jalan, ada banyak tempat wisata kuliner di Kota Bogor yang bisa kamu singgahi. Kota ini memang terkenal dengan variasi makanan nikmatnya. Mulai dari yang tradisional, sampai yang dipengaruhi cita rasa Barat.

1. Asinan

Kulineran nggak selalu identik dengan bikin gendut kok. Makanan khas Kota Hujan yang satu ini justru bergizi karena dibuat dari berbagai macam buah dan sayur. Apalagi kalau bukan asinan Bogor. Biarpun namanya asinan, rasanya sebenarnya cenderung ke asam dibandingkan asin. Tapi, ada juga campuran rasa pedas dan gurih di dalamnya. Segar banget dikonsumsi pas cuaca panas. Apalagi ditambah kerupuk dan kacang tanah, hmm… nikmatnya tiada tara.

2. Soto Mie

Seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Kota Bogor juga punya soto khasnya sendiri, soto mie. Hidangan ini juga terkenal di negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura sebagai mee soto. Soto mie berisi mie kuning yang ditambahi irisan tomat, risoles, kentang, taoge, babat, urat kaki sapi, atau daging ayam. Kuahnya terbuat dari kaldu sapi atau ayam dengan bumbu pelengkap.

Terkadang, mie kuningnya diganti dengan bihun. Meski tak memakai nasi, tapi tetap mengenyangkan dan yang pasti segar dan membuat tubuh hangat.

3. Roti Unyil

Kuliner yang satu ini sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas tempat wisata di Bogor dan sekitarnya. Disebut unyil karena ukuran roti ini sangat mini dibandingkan roti pada umumnya, yakni kurang dari 5 cm.

Meskipun kecil, soal rasa jangan ditanya. Teksturnya lembut, pilihan rasanya banyak. Mulai dari keju, cokelat, mocca, jagung, kismis, sosis, hingga kombinasi. Sekali lahap langsung habis dan bikin ketagihan.

Pantas saja banyak turis yang rela mengantre lama di outlet-outlet roti unyil demi membawa buah tangan untuk keluarganya. Kamu juga jangan sampai lupa beli kalau mampir ke sini.

4. Taoge Goreng

Ada lagi nih kuliner yang nggak kalah sehat, taoge goreng. Sama seperti asinan, namanya agak menipu karena makanan ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng. Taoge goreng justru direbus, dicampur dengan mie telur kuning dan tahu, baru disiram kuah tauco dan oncom. Kadang, ada juga yang menyajikannya dengan ketupat.

Rasanya asin manis gurih gitu deh, nikmat disantap hangat-hangat. Terutama saat cuaca dingin atau turun hujan. Kalau ingin yang spesial, coba Toge Goreng Haji Omah di Jalan Sudirman. Taoge ini sudah jadi langganan presiden mulai dari SBY hingga Jokowi dan pernah dibawa ke Istana Negara.

5. Rumah Apel

Kuliner yang satu ini sebenarnya berasal dari Barat. Tapi, ada satu kedai yang sangat terkenal sampai-sampai apple pie-nya menjadi salah satu oleh-oleh wajib bagi para turis. Kedai ini adalah Pia Apple Pie alias Rumah Apel yang teletak di Jalan Pangrango. Tak heran kalau terkenal. Perpaduan renyahnya kulit pie dan sensasi asam manis dari apelnya terasa begitu nikmat di mulut.

Selain pie, ada juga berbagai macam olahan apel yang bisa kamu coba. Mulai dari biskuit, salad, selai, sampai sambal apel. Kalau tak terlalu suka apel, tersedia juga olahan lainnya di sini. Seperti pie coklat, stroberi, ayam, juga makanan tradisional layaknya soto bening dan gado-gado.

 

Akomodasi dan Hotel di Bogor

Datang dari jauh demi mengunjungi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya, kamu pasti perlu cari hotal dan penginapan dong. Jangan khawatir karena ada banyak jenis penginapan yang mudah ditemui di sini. Mulai dari yang murah sampai yang mahal dengan segala fasilitas mewahnya. Ini dia berbagai macam akomodasi yang bisa kamu temui di Kota Hujan:

Low Budget

Penginapan berharga murah bisa berupa kamar kost harian, homestay, budget hotel, sampai resort. Akomodasi ini bisa dengan mudah kamu jumpai di sekitar tempat wisata di Bogor dan sekitarnya.

1. Kamar Kost Harian

Berhubung di Bogor banyak perguruan tinggi seperti Institut Perguruan Bogor dan Universitas Pakuan, banyak penduduk setempat yang menyediakan kamar kost. Kalau ada yang kosong, tak jarang mereka menyewakannya secara harian.

Harga yang ditawarkan beragam mulai dari Rp50.000 – Rp150.000/hari. Tentunya, fasilitas biasanya sebanding dengan harga yang kamu dapatkan. Ada yang hanya menyediakan tempat tidur single, namun ada juga yang memberikan kipas angin.

Kost harian banyak terdapat di sekitar kampus. Namun ada juga yang berlokasi di dekat stasiun.

2. Homestay

Homestay biasanya identik dengan menginap di rumah para penduduk setempat. Namun di sini, ada juga yang memakai nama homestay meski sejatinya berbentuk seperti penginapan murah.

Secara umum, harganya sekitar Rp100.000 untuk single room. Untuk harga Rp200.000-an, kamu sudah bisa mendapatkan twin room sampai double room. Namun kalau ingin kamar yang lebih lapang dan tempat tidur queen size, ada juga yang menyediakan deluxe room seharga Rp300.000-an.

Karena memang ditujukan sebagai penginapan, fasilitas yang disediakan umumnya lebih lengkap daripada kamas kost harian yang bersifat insidental (hanya disewakan saat ada yang kosong).

Kamarnya lebih bersih dan rapi. Kadang ada juga yang menyediakan AC, TV, akses internet, dan sarapan. Homestay mudah ditemui di pusat kota, terutama di sekitar stasiun dan KRB.

3. Budget Hotel

Budget hotel merupakan penginapan berharga murah yang menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan kita. Semakin lengkap fasilitasnya, semakin mahal harga yang harus kita bayar. Untuk kamar standar yang hanya menyediakan tempat tidur, kamar mandi, akses internet, TV, harganya sekitar Rp200.000 – Rp250.000. Ada yang sekaligus menyediakan sarapan, ada juga yang tidak.

Untuk kamar superior, deluxe, suite, dan twin, harganya bisa lebih mahal, yakni mulai dari Rp250.000 ke atas. Harga ini bisa semakin meningkat di musim liburan. Selain tempat tidur yang lebih besar, biasanya ada fasilitas tambahan berupa AC, shower, air panas, teko elektrik, dll.

Budget hotel ini mudah ditemukan baik di daerah Kabupaten maupun Kota Bogor. Terutama di dekat tempat wisata di Bogor dan sekitarnya, stasiun, dan pusat perbelanjaan yang ramai turis.

4. Resort

Resort merupakan penginapan yang menyediakan berbagai fasilitas rekreatif. Biasanya, dibangun di daerah dengan pemandangan indah untuk menarik wisatawan. Akomodasi semacam ini banyak tersedia di kawasan Puncak.

Dengan budget sebesar Rp200.000-an, kamu sudah bisa mendapatkan kamar standar dengan fasilitas TV. Sementara itu, kamar seharga Rp300.000 biasanya sudah menyediakan akses internet dan sarapan.

5. Mid Range

Berpergian bersama anak-anak dan butuh kamar yang nyaman? Kamu bisa mencari hotel atau penginapan mid range yang dekat tempat wisata di Bogor dan sekitarnya. Ada yang berbentuk hotel bintang 2 dan bintang 3.

1. Hotel Bintang 2

Berbeda dengan resort, hotel bintang 2 mudah kamu temui baik di daerah Kabupaten maupun Kota Bogor. Harganya sekitar Rp300.000-an untuk kamar standar, twin, atau superior yang bisa ditempati 2 orang.

Sementara itu, kamar queen atau deluxe yang memiliki luas ruangan lebih luas dan kasur lebih nyaman dibanderol mulai Rp400.000. Harga ini bisa meningkat tajam di musim liburan.

Fasilitas yang umumnya tersedia adalah TV, AC, dan akses internet. Ada yang menyediakan sarapan dan tidak. Beberapa hotel juga sudah dilengkapi kolam renang yang bisa dipakai oleh umum.

2. Hotel Bintang 3

Kalau kamu ingin beristirahat dengan nyaman di kamar yang lebih luas, hotel bintang 3 bisa jadi pilihan. Akomodasi jenis ini banyak tersedia baik di pusat kota maupun kabupaten dekat tempat wisata di Bogor dan sekitarnya.

Untuk kamar superior, harganya sekitar Rp400.000 – Rp500.000. Sementara untuk deluxe, bisa mencapai Rp600.000 – Rp800.000-an. Tentunya, akan semakin mahal kalau kamu memesan secara mendadak atau menginap di musim liburan.

Tapi tenang saja, harganya setara dengan fasilitas kok. Tentunya bakal lebih lengkap dari hotel bintang 2 dan penginapan low budget.

Selain fasilitas standar seperti AC, TV, akses internet, sarapan, serta shower air panas dan dingin, hotel ini umumnya sudah memiliki kolam renang. Kadang, ada yang menyediakan brankas, mini bar, coffee shop, serta pusat kebugaran dan fasilitas olahraga.

High End

Kalau budget tak menjadi masalah, hotel berbintang 4 dan resort dengan fasilitas lengkap setara hotel berbintang 5 juga banyak tersedia di dekat tempat wisata di Bogor dan sekitarnya.

1. Hotel Bintang 4

Ada beberapa hotel berbintang 4 yang menyediakan kamar termurahnya seharga Rp500.000 Rp700.000-an saja. Sementara untuk kamar suite dan executive, harganya bisa mencapai Rp1 juta – Rp1,2 jutaan.

Fasilitas yang bisa didapatkan di kamar seperti AC, TV, akses internet, sarapan, ketel elektrik, serta air panas dan dingin. Untuk kamar suite dan executive juga ada yang menyediakan sofa, brankas, dan alat pengering rambut.

Sementara itu, fasilitas hotelnya secara umum juga lebih lengkap. Yakni sudah dilengkapi kolam renang, bar, dan coffee shop. Ada pula yang memiliki sauna, spa, dan massage.

2. Resort

Resort mewah setara hotel berbintang 5 ini umumnya berlokasi di daerah kabupaten yang masih sejuk. Misalnya di Sentul atau Sukaraja yang dekat dengan lapangan golf. Ada yang menyediakan kamar-kamar saja, ada pula yang berupa vila.

Untuk yang berupa kamar, harganya sekitar Rp1,5 untuk deluxe room dan Rp2,2 juta untuk executive studio. Fasilitas hotelnya sudah meliputi bar, sauna, pusat kesehatan, hingga lapangan golf.

Sementara itu, yang berupa vila dibanderol mulai Rp2 juta/malam. Harga ini sudah termasuk 3 kamar superior, dapur, kamar tamu, dll. Namun, ada yang menentukan batas minimal menginap seperti 3 hari atau 5 hari.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Wisata di Bogor

Sudah mengetahui info tentang transportasi, tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang ikonik, hingga akomodasi, masih ada hal perlu kamu perhatikan. Di antaranya seperti akan kita bahas berikut ini:

1. Keamanan

Seperti kota-kota besar pada umumnya, keamanan masih menjadi masalah di sini. Terutama kalau kamu mengunjungi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya menggunakan angkot atau kendaraan umum lainnya.

Pastikan kamu menjaga barang bawaanmu dengan baik dan tidak meletakkannya sembarangan tanpa pengawasan. Kalau sedang salat, letakkan juga barang di depan atau dititipkan ke anggota keluarga/teman lain.

Ada beberapa lokasi yang rawan kejahatan di kota ini dan perlu diwaspadai. Di antaranya termasuk tempat yang sering dikunjungi turis seperti mal, stasiun, dan terminal.

2. Kemacetan

Tempat wisata di Bogor dan sekitarnya sering menjadi tujuan wisata warga Jakarta dan kota lain di masa liburan. Jalan menuju kawasan wisata Bogor Puncak terutama akan sangat ramai dan macet.

Untuk mengurai kemacetan, tak jarang polisi menetapkan sistem one way atau satu arah. Oleh karena itu, kamu harus tahu info jadwalnya sebelum menuju ke sana.

3. Hujan & Petir

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa payung atau jas hujan. Jangan sampai kamu basah kuyup kehujanan dan sakit-sakitan sehingga tidak bisa menikmati liburan. Hati-hati juga jika petir sedang ramai menyambar. Intensitas sambaran petir Kota Bogor termasuk tinggi di Indonesia, terutama pada musim pancaroba.

Jika sedang musim petir, hindari beraktivitas di lapangan, sawah, atau tempat terbuka lainnya. Jangan juga berteduh di bawah pohon karena petir sering menyasar objek tinggi di alam terbuka.

Petir Kota Hujan ini bahkan pernah memakan korban jiwa pada Juni 2017 lalu. Seorang wisatawan meninggal dunia dan 20 lainnya luka-luka akibat sambaran petir saat piknik di Pabangbon, Leuwiliang.

 

Itu dia panduan lengkap buat kamu yang ingin piknik ke tempat wisata di Bogor dan sekitarnya. Semoga saja, dengan panduan ini kamu tak lagi bingung memilih destinasi, trasportasi, hingga akomodasimu di sana.

Jangan lupa siapkan fisik sehingga perjalananmu semakin lancar dan menyenangkan. Selamat mengunjungi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya.